Eo

Ini skil yang harus dimiliki Seorang Event Organizer

Suarahijau.com-Suksesnya suatu acara merupakan hal yang sangat diharapkan oleh pemilik acara. Oleh karena itu agar acara berjalan dengan baik maka dibutuhkan seseorang yang Profesional dalam mengelola suatu acara atau kegiatan. Terlebih apabila kegiatan yang akan dilaksanakan tersebut sudah mendesak dan memerlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang banyak, maka tidak ada salahnya seorang penyelengara acara dapat memakai Jasa Event Organizer (EO).

EO merupakan penyedia pengelola jasa profesinal dalam penyelengaraan suatu kegiatan formal ataupun nonformal. EO akan membuat berbagai rangkaian acara, serta didukung dengan adanya tim yang sudah berpengalaman dalam menghandle bebagai acara.

EO juga melakukan segala sesuatu agar dapat memastikan kelancaran sebuah acara, termasuk memilih lokasi acara, menyediaan catering dan hiburan, serta mengatur transportasi dam akomodasi untuk peserta acara.

Seorang yang berprofesi sebagai EO harus memiliki kreativitas yang tinggi. Mulai dari mengelola produksi dengan baik, mengelola konsep dan dekorasi hingga acara selesai, serta meluangkan waktu selama acara berlangsung untuk memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan terhadap klien.

Berikut beberapa skil yang harus dimiliki oleh seorang EO yaitu :

  1. Berkomunikasi dengan baik

Seorang EO harus bisa berkomunikasi dengan baik. Maksudnya adalah komunikasi yang diperlukan dalam dunia EO yaitu komunikasi yang penuh dengan kepercayaan diri dan memiliki verbal yang tajam untuk menyampaikan informasi. Seorang EO berinteraksi dengan berbagai macam orang seperti donatur, brand sponsor dan peserta acara. Jadi sudah semestinya seorang EO memiliki komunikasi yang baik dan menjadi pembicara yang handal.

Selain menjadi pembicara yang handal, mereka juga menjadi pendengar hebat dan selalu berhati-hati dalam memahami kebutuhan dan keinginan clien mereka.

2.Multitasking

Saat menjadi EO pasti ada banyak hal yang harus di kelola oleh karena itu agar menjadi seoraang EO maka memerlukan kemampuan multitasking atau harus memiliki keterampilan dalam menyelesaikan beberapa aktivitas atau pekerjaan dalam waktu yang bersamaan. Seorang EO harus mengetahui bagaimana menjalani multitasking yang efektif dan memastikan acara berjalan dengan lancar dan sukses.

3.Kreatif

Mempunyai banyak ide merupakan salah satu skill yang harus dimiliki oleh seorang EO. Selain itu seorang EO juga harus bisa membuat ide yang dibuat menjadi kenyataan, seperti membuat tema acara hingga menentukan dekorasi yang sesuai dengan tema sebuah acara. Kretivitas juga penting dalam mengatasi masalah yang tiba-tiba muncul yang dapat mempengaruhi jalanya suatu acara. Nah oleh karena itu untuk menjadi seorang EO harus memiliki pemikiran kreatif.

4.Problem Solver

Nah salah satu skill yang harus dimiliki oleh seorang EO adalah problem solver, yaitu kemampuan untuk menyelesaikan segala masalah yang muncul secara tak terduga dan cepat dalam mengambil keputusan yang sulit. Sering kali suatu acara mengalami masalah yang cukup mempengaruhi jalannya sebuah acara, untuk itu EO harus tegas dalam mengambil keputusan

5.Totalitas.

Berjalannya sebuah acara yang baik merupakan hasil dari banyaknya detail kecil yang diatur bersama-sama untuk mencapai kesuksesannya sebuah acara. Dalam perencanaan sebuah acara Seorang EO harus ahli dalam banya hal dan  detail dalam menyiapkan acara agar kesalahan tidak terjadi, misalnya seperti memantau jalannya berbagai proses di dalamnya, vendor, dan menjaga hubungan dengan peserta acara

6.Berpenampilan menarik

Saat menjadi seorang EO pasti tidak luput dari pandangan orang, nah agar EO menjadi lebih percaya diri mereka harus berpenampilan yang menarik dan rapi agar terlihat elegan dan enak di pandang. Petugas EO yang sangat menonjol dalam memperlihatkan tampilan yang menarik seperti Master Of Ceremony sebagai pengatur acara.

Nah,itulah beberapa tips menjadi seorang Event Organizer (EO).Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu yang akan menekuni bisnis milenial ini.

Penulis : Nurhayati

Editor : suara qad

Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.